KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
A. Klasifikasi
media pembelajaran menurut para ahli
Ada
beberapa sudut pandang yang dapatdi gunakan untuk mengklasifikasikan media
- Di lihat dari sifat atau jenisnya media: audio, visual, audio visual
- Dilihat dari daya liputnya: daya liput luas dan serentak, daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat, media pengajaran individual
- Dilihat dari teknik pemakaiannya: yang di proyeksikan, yang tidak di proyeksikan
- Dilihat dari bahan pembuatannya: sederhana, kompleks
- Dilihat dari bentuknya media: media grafis ( dua dimensi), media tiga dimensi dan media elektronik
- Di lihat dari perkembangan teknologi: hasil teknologi cetak, hasil teknologi audio visual, hasil teknologi komputer, hasil teknologi gabungan (multimedia)
1. RUDY
BREZT
Mengklasifikasi
berdasarkan tiga unsur pokok :
- Suara
- Visual ( gambra,garis,simbol )
- Gerak
Rudy brezt juga membedakan antra
media visual dan media rekam sehingga
mengklasifikasi media pada 8 kelompok :
- Media visual gerak
- Media visual diam
- Media audio semi gerak
- Media audio visual gerak
- Media audio visual diam
- Media semi audio
- Media audio
- Media cetak
2. BRINGGS
Briggs,melihat
dari stimulus dan ransangan yang ditimbulkan dari media :
1. Objek
2. Model
3. Suara langsung
4. Rekaman audio
5. Media cetak
6. Pembelajaran terprogram
7. Papan tulis
8. Media transparasi
9. Film rangkai
10. Film bingkai
11. Film
12. Televisi
13. Gambar
3. GERLACH
Gerlach
membagi medi menjadi lima, yaitu :
1. Bendak-benda asli dan manusia (
real materials and people )
2. Gambar-gambar dan gambar yang disorotkan ( visuals dan
peojection )
3. Benda-benda yang didengar ( audio materials )
4. Bendak-benda cetakan ( printed
materials )
5. Benda-benda yang dipamerkan
(disply materials )
4. SADIMAN,
DKK
Sadiman dkk. Mengklasifikasikan media media menjadi :
1. Media grafis ( foto sketsa )
2. Media audio ( radio dan tape
recorder )
3. Media proyeksi diam ( film dan televisi
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar